Kamis, 08 Desember 2011

PRODUK – PRODUK SUSU









PRODUK – PRODUK  SUSU
( Tugas Terstruktur Mata Kuliah Manajemen Ternak Perah )
















Oleh :

I. MADE ADI JAYA
0614061038






JURUSAN PETERNAKAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2008






                       
I. PENDAHULUAN


Susu merupakan sumber gizi terbaik bagi mamalia yang baru dilahirkan. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang lengkap. Selain air, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah yang memadai. Manfaat susu merupakan hasil dari interaksi molekul-molekul yang terkandung di dalamnya.

Susu  merupakan bahan pangan alami dengan nilai nutrisi yang lengkap dan telah dikonsumsi oleh hampir seluruh lapisan masyarakat namun hingga saat ini kualitas dan manfaatnya belum banyak dipahami oleh masyarakat. Susu berasal dari semua hewan mamalia yaitu hewan yang mempunyai kelenjar ambing atau kelenjar susu.ada lebih dari 10.000 spesies mamalia yang menghasilkan susu diantaranya manusia yang disebut ASI (Air Susu Ibu), sapi, kambing, domba, unta, kerbau, kuda dan lain-lain. Susu merupakan sekresi fisiologis kelenjar ambing, yang memiliki gizi yang lengkap dibutuhkan dalam tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan. Susu banyak dikonsumsi dan telah memasyarakat, dalam susunan menu sehari-hari susu dipakai sebagai bahan pangan penyempurnaan yakni dalam makanan empat sehat lima sempurna

Kerusakan protein pada pengolahan susu dapat berupa terbentuknya pigmen coklat ( melanoidin ) akibat reaksi Mallard. Reaksi Mallard adalah reaksi pencoklatan non enzimatik yang terjadi antara gula dan protein susu akibat proses pemanasan yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama seperti pada proses pembuatan susu bubuk. Reaksi pencoklatan tersebut menyebabkan menurunnya daya cerna protein.


Proses pemanasan susu dengan suhu tinggi dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan terjadinya rasemisasi asam-asam amino yaitu perubahan konfigurasi asam amino dari bentuk L ke bentuk D. tubuh manusia umumnya hanya dapat menggunakan asam amino dalam bentuk L. Dengan demikian proses rasemisasi sangat merugikan dari sudut pandang ketersediaan biologis asam-asam amino di dalam tubuh.


Reaksi pencoklatan ( Mallard ) dari rasemisasi asam amino telah berdampak kepada menurunnya ketersediaan lisin pada produk-produk olahan susu. Penurunan ketersediaan lisin pada susu UHT relative kecil yaitu hanya mencapai 0-2 %. Pada susu bubuk penurunannya dapat mencapai 5-10%.          

























II. JENIS – JENIS PRODUK SUSU

·        Susu Pasteurisasi

Susu pasteurisasi adalah susu segar, susu rekonstitusi, susu rekombinasi *) yang telah mengalami proses pemanasan pada temperature 63 0C – 66 0C selama minimum 30 menit atau pada pemanasan 72 0C selama minimum 15 detik, kemudian didinginkan sampai 10 0C, selanjutnya diperlakukan secara aseptis dan disimpan pada suhu maksimum 4,4 0C.
*) Keterangan :
      - susu segar adalah cairan yang diperoleh dengan memerah sapi sehat dengan
        cara yang benar, sehat dan bersih tanpa mengurangi atau menambah sesuatu
        komponennya.
      - susu rekonstitusi ialah susu yang diperoleh dari penyatuan kembali bagian-
        bagian dari pada susu yang telah dipisahkan.
      - susu rekombinasi ialah susu yang diperoleh dari kombinasi bahan baku susu
        segar dengan susu rekonstitusi 

·        Susu Ultra High Temperature (UHT)

Susu UHT adalah produk susu yang diperoleh dengan cara mensterilkan susu minimal pada suhu 135 0C selama 2 detik, dengan atau tanpa penambahan bahan makanan yang diijinkan serta dikemas secara aseptik. Pemanasan suhu ini tinggi karena bertujuan untuk membunuh semua mikroorganisme dan spora pada susu. Tingginya suhu juga mempersingkat waktu proses sehingga mengurangi kerusakan zat-zat gizi, sehingga susu tetap memiliki mutu baik.

Kemasan susu UHT yang beredar di pasaran saat ini terdiri dari 2 jenis, yaitu kemasan kotak (kecil dan besar) dan kemasan kantong (dikenal dengan susu bantal).Dengan teknologi UHT, maka umur simpan susu ini bisa mencapai 10
bulan dalam suhu ruang meskipun tanpa bahan pengawet (selama kemasan masih belum dibuka dan tidak bocor atau kembung).

Kelebihan-kelebihan susu UHT adalah simpannya yang sangat panjang pada
susuh kamar yaitu mencapai 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak
perlu dimasukkan ke lemari pendingin. Jangka waktu ini lebih lama dari
umur simpan produk susu cair lainnya seperti susu pasteurisasi. Selain
itu susu UHT merupakan susu yang sangat higienis karena bebas dari
seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora
sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir
tidak ada.

Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna,,aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu zat gizi, relatif tidak
berubah.

·        Susu Kental Manis

Susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari susu segar atau hasil rekonstitusi susu bubuk berlemak penuh, atau hasil rekombinasi susu bubuk tanpa lemak dengan lemak susu / lemak nabati yang telah ditambah gula, dengan atau tanpa penambahan bahan makanan lain dan tambahan makanan lain yang diijinkan.

Mula-mula, susu yang diperoleh dari peternakan distandarisasi dengan perbandingan tetap yaitu 9:22 (lemak:bahan padat bukan lemak) baik dengan penambahan krim maupun susu skim. Setelah mengalami proses pemanasan, pada pembuatan susu kental manis ini ditambahkan sukrosa sehingga kosentrasi sukrosa menjadi 62.5%.

·        Susu Bubuk
Susu bubuk adalah susu bubuk berlemak, rendah lemak dan tanpa lemak dengan atau tanpa penambahan vitamin, mineral dan bahan tambahan makanan yang diijinkan.
Susu bubuk dihasilkan dari proses penguapan susu segar hingga kadar airnya dikurangi sampai di bawah 5 %. Proses pengeringannya dapat dengan sistem silinder dan semprot. Untuk saat ini, system yang banyak dipakai adalah sistem semprot. Sebab, dengan cara ini perlakuan panas yang diberikan tidak sepanas pada sistem silinder sehingga tepung susu yang dihasilkan akan memiliki nilai gizi yang lebih tinggi, dengan rasa yang baik dan daya larutnya sangat tinggi.

Susu bubuk itu sendiri terbagi menjadi 3, yaitu :
1.      Susu bubuk berlemak ( full cream milk powder ) adalah susu sapi yang telah diubah bentuknya menjadi bubuk.
2.      Susu bubuk rendah lemak ( party skim milk powder ) adalah susu sapi yang telah diambil sebagian lemaknya dan diubah bentuknya menjadi bubuk.
3.      Susu bubuk tanpa lemak ( skim milk powder ) adalah susu sapi yang telah diambil lemaknya dan diubah bentuknya menjadi bubuk.

·        Susu Asam ( Yoghurt )

Merupakan produk susu yang mengalami proses fermentasi, lebih dikenal
dengan sebutan yoghurt. Citarasa asam yang khas pada produk fermentasi ini disebabkan karena aktifitas bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermopilus. Senyawa kimia yang dihasilkan yaitu asam laktat, asetal dehida, asam asetat dan bahan lainnya yang mudah menguap.

·        Susu Cair

Susu cair adalah susu yang keadaan fisiknya masih dalam keadaan cair seperti susu murni yang dihasilkan dari ternak. Susu cair mengalami proses pasteurisasi dan perlakuan temperatur yang sangat tinggi (ultra – high temperatur = uht). Dengan perlakuan ini maka susu mendapat perlakuan panas untuk meningkatkan keamanan sebagai makanan dan daya simpannya. Biasanya perlakuan ini di lakukan dengan pengepakan suci hama. Susu di panaskan antara 130 – 1350c selama beberapa detik.

·        Keju

Keju adalah suatu produk fermentasi berbentuk  padat. prinsipnya yaitu memisahkan dadi susu yang diperoleh dari penggumpalan  bagian casein dari susu skim.

·        Ice-Cream

Ice Cream adalah produk olahan susu yang terbuat dari susu sapi murni , dengan menghilangkan uap pada suhu refrigator selama 24 jam

·        Susu Skim

Susu skim adalah susu yang telah diambil sebagian atau seluruhnya bagian lemak (krim) pada waktu didiamkan atau dipisahkan dengan alat centrifugal separator. Proses pengurangan bagian lemak dari susu ini akan menghasilkan produk olahan susu yang kandungan kalorinya lebih rendah dari susu segar. Cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang diet rendah kalori. 

Skim Milk Powder (SMP) adalah susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Kandungan SMP sama dengan kandungan yang terdapat dalam susu segar tetapi berbeda dalam kandungan lemaknya yaitu ±15%. SMP digunakan untuk mencapai kandungan solid non fat pada produk dan sebagai sumber protein serta memperbaiki tekstur pada produk akhir.
Susu skim adalah bagian susu yang tertinggal sesudah krim diambil sebagian atau seluruhnya. Susu skim mengandung semua zat makanan dari susu kecuali lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak. Susu skim dapat digunakan oleh orang yang menginginkan nilai kalori yang rendah dalam makanannya karena hanya mengandung 55% dari seluruh energi susu, dan skim juga dapat digunakan dalam pembuatan keju rendah lemak dan yogurt






III. PROSEDUR PEMBUATAN

·        Susu Pasteurisasi

Susu dipanaskan pada suhu 63-72 derajat Celcius selama 15-20 detik untuk membunuh virus dan organisme patogen seperti bakteri, jamur, protozoa dan ragi. Proses ini tidak membunuh semua mikroorganisme, hanya mengurangi jumlahnya sehingga tidak dapat menyebabkan penyakit. Susu pasteurisasi biasanya dikemas dalam kemasan karton.Karena proses ini tidak membunuh semua  mikroorganisme, maka umur simpan produk ini cukup singkat yaitu sekitar 1 minggu dan harus disimpan di lemari pendingin, pada suhu 5-6 0C

·        Susu Ultra High Temperature ( UHT )

Susu cair segar UHT dibuat dari susu cair segar yang diolah menggunakan
pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang sangat singkat untuk
membunuh seluruh mikroba, sehingga memiliki mutu yang sangat baik.
Secara kesuluruhan faktor utama penentu mutu susu UHT adalah bahan
baku, proses pengolahan dan pengemasannya

Bahan baku susu UHT cair segar adalah susu segar yang memiliki mutu
tinggi terutama dalam komposisi gizi. Hal ini didukung oleh perlakuan
pra panen hingga pasca panen yang terintegrasi. Pakan sapi harus diatur
agar bermutu baik dan mengandung zat-zat gizi yang memadai, bebas dari
antibiotika dan bahan-bahan toksis lainnya. Dengan demikian,
sapi perah akan menghasilkan susu dengan komposisi gizi yang baik. Mutu
susu segar juga harus didukung oleh cara pemerahan yang benar termasuk
di dalamnya adalah pencegahan kontaminasi fisik dan mikrobiologis
dengan sanitasi alat pemerah dan sanitasi pekerja. Susu segar yang baru diperah harus diberli perlakuan dingin termasuk transportasi susu menuju pabrik.

Pengolahan di pabrik untuk mengkonversi susu segar menjadi susu UHT juga harus dilakukan dengan sanitasi yang maksimum yaitu dengan menggunakan alat-alat yang steril dan meminimumkan kontak dengan tangan. Seluruh proses dilakukan    secara  aseptik.

Susu UHT dikemas secara higienis dengan menggunakan kemasan aseptic
multilapis berteknologi canggih, Kemasan multilapis ini kedap udara
sehingga bakteri pun tak dapat masuk ke dalamnya. Karena bebas bakteri
perusak minuman, maka susu UHT pun tetap segar dan aman untuk
dikonsumsi. Selain itu kemasan multilapis susu UHT ini juga
kedap cahaya sehingga cahaya ultra violet tak akan mampu menembusnya
dengan terlindungnya dari sinar ultra violet maka kesegaran susu UHT

Dengan demikian teknologi UHT dan kemasan aseptik multilapis menjamin
susu UHT bebas bakteri dan tahan lama tidak membutuhkan bahan pengawet
dan tak perlu disimpan di lemari pendingin hingga 10 bulan setelah
diproduksi.

·        Susu Kental Manis

Cara pembuatannya yaitu pertama kali susu distandarisasi pada suatu perbandingan tetap dari lemak dengan benda padat bukan lemak 9 : 22 baik di tambah krim maupun susu krim kemudian susu dihangatkan dengan suhu 650C sampai 950 selam 10 – 15 menit. Sesudah pemanas pendahuluan, di tambahkan gula tebu sehingga di peroleh konsentrasi gula 62,5 %  sebagai sukrosa dalam produk akhir fungsi gula adalah untuk pengawet, karena sebagian mikro organisme kecuali ragi – ragi esmofilik tidak dapat hidup pada konsentrasi gula 62,5 %.

Selanjutnya susu yang mengandung gula diuapkan dengan penguapan hampa pada suhu 770C. pada suhu  490C, fase cair dari produk yang dikentalkan menjadi jenuh dengan laktosa dan pada waktu susu kental itu didinginkan terjadi larutan jeuh dan kristalisasi. Bila proses kristalisasi sudah selesai, susu kental manis di masukkan dalam drum – drum  atau kaleng susu pack baik dalam jumlah besar maupun jumlah kecil. Produk itu kemudian di tutup dan tidak memerlukan pemanasan lagi.

·        Susu Bubuk

Ada dua cara proses pembuatan susu bubuk  yaitu proses semprot dan proses silinder / proses gilas
1. Proses Semprot
Pada proses penyemprotan susu di kentalkan dengan proses penguapan sampai total bahan padat mencapai 45 – 50 untuk mempercepat pengeringan dan untuk mempercepat pengeringan dan untuk meningkatkan kapasitas alat pengering. Di dalam alat pengering  biasanya di gunakan udara yang di panaskan dengan gas pada suhu kira – kira 650C untuk susu sampai 1500C untuk susu skim. Penyemprotan di kerjakan dengan mengaduk susu dengan gaya sentrifugal dari tepi pinggiran yang berputar yang cepat dengan memompanya dibawah tekanan melalui pipa penyemprot. Partikel – partikel susu kering jatuh kedasar ruang pengeringan sementara udara yang panas akan menguapkan kandungan air pada susu.
2. Proses Gilas / Silinder
Pengeringan drum atau silinder dapat berbentuk terbuka ( berhubungan dengan udara ) atau tipe hampa. Dalam tipe terbuka, satu atau dua drum  (roller) dipergunakan dan dicelup kedalam tempat yang menampung susu untuk dikeringkan.

Drum yang di panaskan dari dalam dengan uap atau air panas dan dapat mengeringkan kira – kira 500 – 3000 Kg susu/ jam, tergantung besar kecilnya alat. dalam pengeringan hampa, ditutup dalam ruang dimana udara di keluarkan, sehingga memungkinkan susu di keringkan  pada suhu dalam ruang dimana udara di keluarkan dan memungkinkan susu itu di keringkan pada suhu yang lebih rendah dari pada yang di gunakan untuk pengeringan dengan keadaan atmosfer.
Karena drum –drum pengering itu berputar dengan kecepatan kira – kira  rpm, maka suatu lapisan tipis dari susu melekat dan menjadi kering sebelum satu putaran selesai. Susu kering yang biasanya berbentuk suatu lapisan tipis, di lepas dari drum dengan menggunakan pisau, lalu masuk dalam hopper yang seterusnya di pindahkan kedalam bak penerima. Susu yang akan di keringkan biasanya di kentalkan atau di luapkan terlebih dahulu, dan biasanya konsentrasi susu berbanding kira-kira 4 : 1.

·        Susu Asam ( Yoghurt )


Alat yang digunakan:
1. Panci penangas.
2. Seperangkat alat titrasi.
3. Erlenmeyer 500 ml.
4. Thermometer.
5. Pengaduk kaca.
6. Pembakar spiritus.
7. Gelas ukur.
:
Bahan yang digunakan :
1. Kertas Alumunium foil.
2. Susu sapi
3. Susu skim.
4. Starter Streptococcus    
    Thermophilus dan Lactobacillus
    Bulgaricus.
5. NaOH.
6. Indikator Phenopthalein.

Prosedur Pembuatan :
A. Pembuatan Yougurt
1. Panaskan 500 ml susu segar dengan cara memasukkan susu kedalam
erlenmeyer, kemudian erlenmeyer ini dimasukan kedalam panci besar yang  telah berisi air (seperti membuat nasi tim) hingga suhunya  ±  90 0C selama 15 menit.
2. Susu didinginkan sampai suhu mencapai 45 0C, lalu ditambahkan starter
Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Bulgaricus sebanyak 3-5 %
sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya larut.
3. Campuran diletakkan kedalam wadah-wadah steril yang sudah disiapkan,
 kemudian tutup dengan aluminium foil dan di inkubasikan pada suhu 43 0C
 selama 4 jam atau pada suhu kamar selama 18 jam.
4. Setelah inkubasi selesai, yougurt yang dihasilkan segera didinginkan dalam
    lemari es atau dipasteurisasikan pada suhu 65 0C selama 30 menit agar
fermentasi tidak terus berlanjut.
5. Pengamatan dilakukan dengan melihat harga pH, kandungan asam laktat,
    rasa, jumlah mikroba, protein dan kadungan laktosanya.
B. Pembuatan Bibit (Starter) Yougurt
1. Campuran susu segar dan susu bubuk skim (7,5% dari susu segar) hingga merata.
2. Panaskan campuran susu tersebut dengan cara memasukkan susu kedalam
erlenmeyer, kemudian erlenmeyer ini dimasukkan kedalam panci besar yang
telah berisi air hingga suhunya  ± 90 0C selama 15 menit.
3. Selanjutnya dilakukan pendinginan sampai suhu mencapai ± 43 0C.
4. Masukan bibit (starter) sebanyak 3-5% sedikit demi sedikit sambil diaduk
 supaya larut.
5. Tutup dengan aluminium foil, peram hingga terjadi gumpalan padat, pada
 suhu 43 0C selama 4 jam atau pada suhu kamar selama 18-20 jam.
6. Setelah pemeraman selesai, simpan dalam lemari es dan dikeluarkan hanya
pada saat digunakan

·        Susu Cair

Susu cair mengalami proses pasteurisasi dan perlakuan temperatur yang sangat tinggi (ultra – high temperatur = uht). Dengan perlakuan ini maka susu mendapat perlakuan panas untuk meningkatkan keamanan sebagai makanan dan daya simpannya. Biasanya perlakuan ini di lakukan dengan pengepakan suci hama. Susu di panaskan antara 130 – 135 0C selama beberapa detik.

·        Keju
Prosedur  pembuatan :
- Pertama – tama susu dipasteurisasi , kemudian turunkan suhunya hingga 
  sesuai dengan pertumbuhan starter sekitar 43 0C.
- Tambahkan starter sebanyak 1 %, lalu diinkubasikan pada suhu 30 0C
  selama 15 menit. Inkubasi bertujuan untuk menggumpalkan protein susu.
- Tambahkan enzim rennet sebanyak 0,005 %. Pertahankan pada suhu 30 0C
  selama 2 jam.
- Potong curd yang terbentuk sebesar 1cm X 1 cm X 1 cm, kemudian
  diamkan selama 7 menit .  
- Panaskan curd pada suhu 40 0C selama 30 menit. Tujuannya untuk
  memisahkan curd yang terbentuk dan whey sehingga diperoleh curd yang
  kompak.
- Pisahkan curd dari whey dengan cara disaring.
- Pres curd untuk mengeluarkan whey yang tersisa. Pengeluaran whey dapat
  dilakukan secara manual, yaitu dengan saringan tahu.
- Keju kuda yang terbentuk siap dikemas
- Kemas keju dengan menggunakan kertas alumunium foil.
- Simpan keju pada rak dalam ruangan pendingin untuk mempercepat proses 
   pematangan     

·        Ice-Cream
Prosedur pembuatan :
            - Campurkan susu, gula dan yolk, kemudian aduk sambil dipanaskan pada 
            suhu 40 0C ( hangat ).
            - Masukkan skim bubuk yang telah dilarutkan, aduk hingga tercampur rata
            - Tambahkan agar-agar, lalu aduk hingga mendidih
            - Tambahkan essens sesuai selera
            - Hilangkan uap panas dalam larutan dengan mixer selama 15 menit.
            Larutan ini disebut ICM, kemudian simpan ICM dengan wadah tertutup
            pada suhu refrigator sama 24 jam.
            - Putar ICM ice cream maker hingga terbentuk kristal – kristal halus
            - Tempatkan dalam wadah ice cream, lalu simpan dalam freezer
            - es krim siap dikonsumsi

·        Susu Skim

Skim Milk Powder (SMP) adalah susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Kandungan SMP sama dengan kandungan yang terdapat dalam susu segar tetapi berbeda dalam kandungan lemaknya yaitu ±15%. SMP digunakan untuk mencapai kandungan solid non fat pada produk dan sebagai sumber protein serta memperbaiki tekstur pada produk akhir.






























III. PRODUK PILIHAN DAN KOMPOSISINYA

·        Susu Pasteurisasi
Nama produk :
      Merk Dagang  : Tetra Pak
      Produsen          :  PT. Diamond Cold Storage
      Distributor        : Supermarket
Komposisi : Susu Sapi, Gula, Coklat Bubuk dan Vitamin A, B, D dan E.

Informasi Nilai Gizi
Takaran saji                       : 200 ml
Jumlah sajian perkemasan : 1
Jumlah Persajian
Energi Total                       : 180 kkal
Energi dari lemak              :    58 kkal
                                               % AKG
Lemak Total                              7 g                            12 %
Protein                                       6 g                            12 %
Karbohidrat total                     10 g                              8 %
Gula                                           6 g
Natrium                                  105 mg                          3 %
Vitamin A           50 %            Kalsium                      28 %
Vitamin B1         20 %            Magnesium                   8 %
Vitamin B12       15 %            Seng                            10 %
Vitamin D           50 %            Fosfor                          25 %
Vitamin E           30 %
% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal   , kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
·        Susu Ultra High Temperature (UHT)
Nama produk :
      Merk Dagang  : Ultra Milk
      Produsen          :  PT. Ultrajaya Milk Industry, Tbk
                                 PO Box 1230, Bandung 4012, Indonesia
      Distributor        : Supermarket
Informasi Nilai Gizi
Takaran saji 1 kotak ( 125 ml )
Jumlah sajian perkemasan : 1
Jumlah Persajian
Energi Total 90 kkal  Energi dari lemak 20 kkal
                        % AKG
Lemak Total                        2.5 g                     4 %
Lemak Jenuh                        1.5 g                      8 %
Kolesterol                           < 5 mg                   2 %
Protein                                   4 g                       7 %
Karbohidrat total               14 g                       5 %
Gula                                       9 g
Natrium                              30 mg                     1 %
Kalium                              200 mg                      4 %
Vitamin A                                                          10 %      
Vitamin C                                                            4 %
Vitamin D3                                                        15 %
Vitamin E                                                            6 %
Vitamin B1                                                        15 %
Vitamin B2                                                        15 %
Vitamin B3                                                          8 %
Vitamin B6                                                        10 %
Vitamin B12                                                      10 %
Kalsium                                                             15 %
Zat Besi                                                               2 %
Magnesium                                                           6 %
Fosfor                                                                  15 %
Selenium                                                               6 %
% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal   , kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
Mengandung Biotin 3.4 mcg, Inositol 6.4 mg, Kolin 23 mg, Klorida 110 mg dan Tembaga 4.3 mcg per sajian.

·        Susu Kental Manis
Nama produk :
      Merk Dagang  : Frisian Flag
      Produsen          :  PT. Frisian Flag Indonesia
                                 Jl. Raya Bogor Km 5, Jakarta 13760, Indonesia
      Distributor        : Supermarket
Komposisi : Sukrosa, Susu Sapi, Susu Skim Bubuk, Lemak Susu, Vitamin C,
                     Niasin, E, A, B1, Kolin Klorida, B6 dan D3

Informasi Nilai Gizi
Takaran saji 4 sendok makan ( 42 g )
Jumlah sajian perkemasan : 1
Jumlah Persajian
Energi Total 140 kkal                                                 Energi dari lemak 30 kkal
                                                                                                         % AKG
Lemak Total                           3.5                               g                           6 %
Lemak Jenuh                            2                                g                         11 %
Protein                                       3                                g                           5 %
Karbohidrat total                   24                               g                            8 %
Gula                                         19                               g                               -
Natrium                                   40                            mg                           2 %
Kalsium                                  150                            mg                            3 %
Vitamin A                               88                              RE                            15 %
Vitamin D3                            1.6                            mcg                            15 %
Vitamin E                                  1                             mg                              8 %
Vitamin B1                             0.3                             mg                            30 %
Vitamin B2                             0.1                             mg                              8 %
Niasin                                     1.3                             mg                             10 %
Vitamin B6                             0.2                             mg                             15 %
Vitamin B12                           0.3                           mcg                             10 %
Vitamin C                                  5                             mg                               6 %
Kalsium                                 118                             mg                             15 %
Fosfor                                      92                             mg                             15 %
Magnesium                              12                             mg                               6 %
% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal   , kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
Mengandung 13 g Kolin per sajian  


·        Susu Bubuk
Nama produk :
      Merk Dagang  : Frisian Flag “ Full Cream ”
      Produsen          :  PT. Frisian Flag Indonesia
      Distributor        : Supermarket
Komposisi : Susu sapi, Skim bubuk, Lemak susu, Mineral, Vitamin, dan 
                     Colostrum
Informasi Nilai Gizi
Takaran saji 3 sendik makan (26g)
Jumlah sajian perkemasan       ±15     
Jumlah Persajian
Energi Total 130 kkal                      Energi dari lemak 60 kkal
                                                                                                                                                  
                                                                 % AKG
Lemak Total                             7                  g             13 %
Protein                                      6                  g             12 %
Karbohidrat total                      9                  g               3 %
Natrium                                  90               mg               4 %
Kalsium                                310               mg               9 %
Vitamin A                             343               IU              15 %
Vitamin D3                             93               IU              45 %
Vitamin E                               0.6              mg                6 %
Vitamin K1                             4.2            mcg                6 %
Vitamin C                                18              mg              30 %
Vitamin B1                             0.3              mg              20 %
Vitamin B2                             0.2              mg              15 %
Vitamin B6                           0.06              mg                4 %
Vitamin B12                           0.4             mcg              20 %
Kalsium                                 504               mg              70 %
Fosfor                                    190               mg              25 %
Magnesium                              24                mg              10 %
Zinc                                        0.8                 mg                8 %
Iodium                                    6.2               mcg                4 %
Selenium                                 2.6              mcg                8 %
% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal, kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
Mengandung 124 mg Immunoglobulin
229 mg Alpha-Lactalbumin
3.6 mcg Biotin
0.4 mg Asam Pantotenat, dan
26 mg Kolin per sajian

·        Susu Asam ( Yoghurt )
Nama produk :
      Merk Dagang  : Bio Kul
      Produsen          :  PT. Diamond Cold Storage
      Distributor        : Supermarket
Komposisi : Air, Susu Bubuk Skim, Gula, Konsentrat Jeruk, Krim, Asam
                     Sitrat, Penstabil, Yogurt Kultur, Perisa Jeruk, Probiotik L.
                     Acidophilus & Bifidobacteria

Informasi Nilai Gizi
Takaran saji        : 150 ml
Jumlah sajian perkemasan : 1
Jumlah persajian                % AKG
Energi Total 108 kkal
Energi dari lemak 7 kkal
Protein                    4.8 g       10
Lemak                    0.8 g         1
Karbohidrat             21 g         9
Natrium                  5 mg         0
% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal, kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah

·        Susu Cair
Nama produk :
      Merk Dagang  : Frisian Flag
      Produsen          :  PT. Frisian Flag Indonesia
      Distributor        : Supermarket
Komposisi : Susu sapi segar, sukrosa, padatan susu tanpa lemak, bubuk
                     cokelat, perisa cokelat, kolostrum, vitamin.

Informasi Nilai Gizi
Takaran saji                       : 190  ml
Jumlah sajian perkemasan : 1
Jumlah Persajian
Energi Total 160 kkal                                                 Energi dari lemak 50 kkal
                                                                                                         % AKG
Lemak Total                              6                               g                          10 %
Protein                                       4                               g                            7 %
Karbohidrat total                     24                               g                            8 %
Gula                                         16                               g
Natrium                                    60                            mg                          3 %
Kalsium                                  290                            mg                          6 %
Vitamin A                               475                            IU                         25 %
Vitamin D3                             119                            IU                         30 %
Vitamin B1                              0.3                            mg                         30 %
Vitamin B6                              0.3                            mg                         25 %
Kalsium                                  157                            mg                          20 %
Magnesium                              27                             mg                          10 %
Zinc                                        0.6                             mg                             6 %
Selenium                                   2                            mcg                            6 %
% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal, kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
Mengandung 15 mg Kolin, 105 mg Immunoglobulin, 190 mg Alpha-Lactalbumin dan 126 mg Klorida 


·        Keju
Nama Produk :
      Merk Dagang  : CHESSY
      Produsen          :  PT. DAIRYGOLD INDONESIA, BEKASI 17530
      Distributor        : Supermarket
Komposisi : Keju, Pengemulsi, Garam, Pengawet Makanan ( Kalium Sorbat,
                     Nissin ), Pewarna Makanan ANNATO CI No 75120, Air


·        Ice-Cream
Nama Produk :
      Merk Dagang  : Paddle Pop
      Produsen          :  PT. Unilever Indonesia, Tbk
                                 Bekasi 17520 - Indonesia
      Distributor        : Supermarket


Komposisi : Air, Gula Pasir, Minyak Nabati, Susu Skim Bubuk, Sirup
                     Glukosa, Coklat Bubuk, Maltodekstrin, Bubuk Whey,
                     Pemantap, Pengemulsi ( Nabati ), Perisa Coklat, Pewarna
                     Makanan Karmoisin CI No, 14720, Pewarna Makanan Kuning
                     FCF CI No. 15985, Pewarna Makanan Biru Berlian CI No. 
                     42090 
Informasi Nilai Gizi
Takaran saji           : 60 ml
Jumlah Sajian Per kemasan  : 1
Jumlah Per Sajian
Energi Total 80 kkal    Energi dari lemak 30 kkal
                                                   % AKG*
Lemak Total             3 g                 5 %
Protein                      1 g                 2 %
Karbohidrat Total   13 g                 4 %
Gula                          9 g                   -
Natrium                  20 mg              1 %
* % AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal, kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah

















IV. LAMPIRAN PRODUK SUSU

·        Susu Pasteurisasi


























·        Susu Ultra High Temperature ( UHT )































·        Susu Kental Manis































·        Susu Bubuk































·        Susu Asam ( Yoghurt )
















·        Susu Cair














·        Keju































·        Ice-Cream



































V. KESIMPULAN

Dari Laporan ini dapat ditarik kesimpulan yaitu sebagai berikut  :

1.      Susu pasteurisasi adalah susu segar, susu rekonstitusi, susu rekombinasi
      yang telah mengalami proses pemanasan pada temperature 63 0C – 66 0C
      selama minimum 30 menit atau pada pemanasan 72 0C selama minimum
      15 detik, kemudian didinginkan sampai 10 0C, selanjutnya diperlakukan
      secara aseptis dan disimpan pada suhu maksimum 4,4 0C.

2.   Susu UHT adalah produk susu yang diperoleh dengan cara mensterilkan
      susu minimal pada suhu 135 0C selama 2 detik, dengan atau tanpa
      penambahan bahan makanan yang diijinkan serta dikemas secara aseptik

         3.   Susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang
      diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari susu segar atau hasil
      rekonstitusi susu bubuk berlemak penuh, atau hasil rekombinasi susu
      bubuk tanpa lemak dengan lemak susu / lemak nabati yang telah
      ditambah gula, dengan atau tanpa penambahan bahan makanan lain dan
      tambahan makanan lain yang diijinkan.

         4.   Susu bubuk adalah susu bubuk berlemak, rendah lemak dan tanpa lemak
               dengan atau tanpa penambahan vitamin, mineral dan bahan tambahan
               makanan yang diijinkan.

         5.   Susu Asam merupakan produk susu yang mengalami proses fermentasi.

         6   .Susu cair adalah susu yang keadaan fisiknya masih dalam keadaan cair
               seperti susu murni yang dihasilkan dari ternak.

7.  Keju adalah suatu produk fermentasi berbentuk  padat. prinsipnya yaitu
              memisahkan dadi susu yang diperoleh dari penggumpalan  bagian casein
              dari susu skim.

          8. Ice Cream adalah produk olahan susu yang terbuat dari susu sapi murni,
              dengan menghilangkan uap pada suhu refrigator selama 24 jam.
           































V. DAFTAR PUSTAKA

  Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan .Direktorat Jenderal
Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. Departemen Pertanian. 2005.   

  Dinas peternakan dan kesehatan hewan. 2002. Tehnis Pengolahan Susu Sapi.
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung : Bandar Lampung.

  Indratiningsih, dkk.2001. Teknologi Hasil Ternak. Universitas Gajah Mada:
Yogyakarta.





















1 komentar:

  1. lihat kembali juga di http://komposisiproduk.blogspot.com/2014/08/susu-kaleng-frisian-flag-rasa-coklat.html

    BalasHapus